Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Tidak Masalah Tidak Ada Wakil Menteri"

Kompas.com - 16/09/2014, 09:47 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Pengamat Ekonomi Aviliani menilai, langkah presiden dan wakil presiden terpilih Jokowi-JK yang hanya mempertahankan satu wakil menteri dalam kabinetnya bukan suatu masalah. 

"Menurut saya tidak masalah tidak ada wakil menteri, yang penting dapat memilih menteri yang mengerti masalah dan dapat menyelesaikan masalah," ujar Aviliani kepada Kompas.com, Jakarta, Selasa (16/9/2014).

Terkait masalah koordinasi, Aviliani berpandangan bahwa dengan pemilihan menteri yang tepat, maka masalah koordinasi di kementerian bisa berjalan baik.

Sementara itu, mengenai mekanisme kerja dan koordinasi antar kementerian, peran Menteri Koordinator haruslah maksimal.

Sebelumnya, Jokowi-JK mengumumkan draf kabinetnya yang tetap memakai 34 kementerian seperti Kabinet Indonesia Bersatu II (KIB II). Adapun posisi wakil menteri dihapus, kecuali di kementrian luar negeri.

Saat ini, di KIB II yang mempunyai wakil menteri mayoritas kementrian ekonomi, seperti menteri perdagangan, menteri pertanian, menteri perhubungan, menteri ESDM, bahkan menteri keuangan mempunyai dua wakil menteri.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com