Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Baru Dibangun, RNI Genjot Produksi CPO

Kompas.com - 16/09/2014, 20:31 WIB
Tabita Diela

Penulis


PALEMBANG, KOMPAS.com - PT Perkebunan Mitra Ogan, anak perusahaan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI), membuka pabrik baru pengolahan minyak kelapa sawit (PKS) di Musi Banyuasin (Muba), Selasa (16/9/2014). Dengan dibukanya pabrik tersebut, Mitra Ogan menargetkan mampu produksi minyak kelapa sawit sebesar 130.000 ton per tahun.

Selama ini, PT Perkebunan Mitra Ogan telah mengoperasikan dua unit pabrik pengolahan CPO di Kecamatan Peninjauan, Kabupaten Ogan Komering Ulu dengan kapasitas 60 ton per jam (PKS-I) dan 30 ton per jam (PKS-II).

Kedua Pabrik Kelapa Sawit (PKS) tersebut mengolah kelapa sawit dari 9.741 hektar kebun inti dan 16.150 kebun plasma.

Direktur Utama PT Perkebunan Mitra Ogan HM. Adjapri mengungkapkan, PKS yang baru akan dibangun tersebut akan menyumbang kapasitas produksi sebesar 30 ton per jam bagi Mitra Ogan. Total kapasitas yang dimiliki perusahaan tersebut akan mencapai 120 ton per jam. Pembangunan pabrik ini menggunakan anggaran yang tersedia sebesar Rp110 miliar.

Menurut Adjapri, dana yang dibutuhkan untuk pembangunan pabrik tersebut mungkin di bawah Rp 100 miliar.

Direktur Keuangan Mitra Ogan, Djulay Iskandar, menambahkan, pabrik tersebut akan rampung pada akhir 2015 mendatang. "Diharapkan, kalau kita hitung pertengahan 2015 harus selesai. Akhir 2015 mungkin," pungkas Adjapri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com