Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Dapat Suntikan Dana, Tol Trans-Sumatera Jadi Tanggung Jawab BUMN

Kompas.com - 17/09/2014, 13:45 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Hingga penghujung 2014, pemerintah belum menganggarkan tambahan dana sebesar Rp 2 triliun dalam bentuk penyertaan modal negara (PMN) bagi PT Hutama Karya untuk menggarap tol lintas Sumatera.

Menanggapi hal tersebut, Menteri BUMN Dahlan Iskan berkomitmen bahwa proyek tol lintas Sumatera tetap harus dikerjakan, meskipun tanpa PMN.

"Dengan pengabdian BUMN, nanti skemanya agak berbeda. Jadi, itu tidak PMN, pinjaman PIP (Pusat Investasi Pemerintah) juga tidak dapat. Akhirnya, tol Sumatera sepenuhnya menjadi tanggung jawab BUMN untuk mendanai," kata Dahlan ditemui seusai rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Jakarta, Selasa (16/9/2014) malam.

Dahlan mengatakan, rencananya, hanya Hutama Karya yang menjadi pengembang proyek tol, tetapi tidak perlu menjadi operator. "Dengan demikian, nanti yang saya pikirkan adalah begitu. Misalnya, Palembang selesai katakanlah 80 persen, langsung dijual ke Jasa Marga atau kepada siapalah yang menjadi penawar tertinggi," kata dia.

Pola bangun jual ini diyakini Dahlan dapat memberikan keuntungan bagi Hutama Karya dalam proyek tol Sumatera. Dengan keuntungan tersebut, Hutama Karya bisa membangun ruas-ruas berikutnya.

"Kalau tanpa pola itu, kalau Hutama Karya akan memiliki itu, kan pengembaliannya panjang. Dia enggak bisa membangun yang berikutnya," tandas Dahlan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com