Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Akan Gratiskan 93.323 Sambungan Listrik

Kompas.com - 17/09/2014, 18:20 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam Rancangan Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA K/L) merencanakan menyediakan sambungan gratis sebanyak 93.323 sambungan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ad interim, Chairul Tanjung memaparkan beberapa isu dan sasaran strategis Kementerian ESDM dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2015, dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI, Jakarta, Rabu (17/9/2014).

Salah satu sasaran untuk peningkatan ketahanan energi adalah menggratiskan sambungan masyarakat. "Sambungan listrik gratis sebanyak 93.323 rumah tangga sasaran," kata dia.

Chairul mengatakan, selain sambungan gratis, sebagai peningkatan ketahanan energi, Kementerian ESDM merencanakan rasio elekttrifikasi 83,18 persen, serta pembangkit PLN dan IPP berkapasitas 2.761 megawatt.

Selain itu, ditargetkan pula jaringan transmisi sepanjang 519 KMS yang bersifat on going dan 76,8 KMS yang bersifat COD. Di sisi lain, ditargetkan gardu induk berkapasitas 2.680 MVA (on going), serta 480 MVA (COD).

"Jaringan distribusi ditargetkan 7141 KMS, sementara gardu distribusi 147,04 MVA," kata CT.

Dalam RKA K/L, Kementerian ESDM juga menyusun sasaran peningkatan ketahanan energi antara lain dengan menargetkan produksi minyak bumi 900 MBOPD, produksi gas bumi sebesar 1.248 MBOEPD, serta produksi 425 juta ton batubara.

"Alokasi gas domestik 50 persen, DMO batubara 103 juta ton, bauran energi baru dan terbarukan sebesar 6 persen," tandas Chairul.

Ketua Komisi VII DPR RI Milton Pakpahan menyatakan, komisi menyepakati RKA K/L Kementerian ESDM untuk pagu sementara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com