Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tol Sering Macet, Ini Komentar Jasa Marga

Kompas.com - 17/09/2014, 18:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga Tbk (JSMR) menanggapi banyaknya pembicaraan tentang kemacetan yang terjadi di ruas tol Jabodetabek dan Bandung.  Direktur Operasi Jasa Marga Hasanudin mengatakan, kemacetan di ruas-ruas tol tersebut terjadi lantaran padatnya kendaraan dan besarnya volume transaksi.

"Volume transaksi di pintu tol satu harinya 2,8 juta transaksi. Secara agregat data, kapasitas transaksi di tol 2,2 juta transaksi. Ada overflow 600.000 transaksi yang tidak bisa ditangani," kata Hasanydin pada konferensi pers Investor Summit and Capital Market Expo, Rabu (17/8/2014).

Lebih lanjut, Hasanudin mengungkapkan, saking besarnya volume kendaraan yang masuk ke jalan tol, ada beberapa gerbang tol yang mengalami antrean panjang. Gerbang tol tersebut dijelaskan Hasanudin antara lain Cililitan, Cengkareng, Kapuk, Halim, Semanggi, dan beberapa pintu Jakarta Outer Ring Road (JORR).

"Kita mau menambah pintu tol tidak mungkin. Pembebasan lahan susah, tidak ada lahannya," ujar dia.

Hasanudin mengungkapkan, transaksi di pintu tol secara manual membutuhkan waktu layanan 10 detik. Dengan Gerbang Tol Otomatis (GTO) menggunakan e-toll card, waktu layanan dapat dipangkas menjadi 5 hingga 6 detik. Namun, meski dapat lebih cepat, antrean kendaraan masuk tetap saja panjang.

"Yang kita butuhkan bagaimana di bawah 1 detik supaya tidak ada antrean. Kami sudah mencoba pakai new e-toll pass. Ini belum bisa menjawab tantangan lalu lintas yang tinggi," ujar Hasanudin.

baca juga: Tarif Tol Soedijatmo Naik Mulai 19 September

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com