Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elvyn: Kekayaan Tak Berbanding Lurus dengan Kesejahteraan

Kompas.com - 18/09/2014, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dirut Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Elvyn G Masassya menyatakan, kekayaan tidak selalu berbanding lurus dengan kesejahteraan. Kesejahteraan selalu tergantung dari hati dan pemikiran.

Elvyn dalam peluncuran bukunya yang bertajuk 60 Rahasia Menuju Sejahtera di Jakarta, Rabu (17/9/2014), mengatakan bahwa pemikiran itu didapatnya saat berbincang dengan sopir taksi di Nepal.

Menurut dia, sang sopir menyebutkan, dirinya hanya bergaji sekitar 100 dollar AS per bulan, tetapi merasa cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam sebulan. Pendapatan tersebut dibaginya, 80 dollar AS untuk kontrak rumah bersama lima anak dan sisanya untuk makan.

Yang mengherankan, kata Elvyn, sang sopir merasa beruntung dengan pendapatan sekecil itu karena di Nepal masih banyak yang berpenghasilan lebih kecil daripada dirinya.

"Jadi, dia merasa kaya karena masih ada orang yang lebih kecil pendapatannya. Jadi, kekayaan tidak berbanding lurus dengan kesejahteraan," ucap mantan Direktur Investasi PT Jamsostek itu.

Di acara yang dihadiri beragam lapisan masyarakat itu, termasuk binaragawan Ade Rai, Elvyn mengajak masyarakat untuk berpola pikir sejahtera dengan hidup merasa cukup.

"Jika seseorang masih ingin membeli Lamborghini untuk pencitraan diri, sesungguhnya dia masih miskin karena masih memerlukan mobil mewah itu untuk menaikkan status diri," ujarnya.

Buku setebal 332 halaman, ber-cover sederhana karena hanya memuat judul, dan berkelir coklat itu merupakan kumpulan tulisan Elvyn di sebuah media nasional sejak 1999.

"Sebenarnya terdapat 61 Rahasia Menuju Sejahtera, tetapi untuk kepentingan publikasi, akhirnya dijadikan 60 rahasia saja," ujar anak Medan kelahiran 18 Juni 1967 itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com