Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Berpeluang Lanjutkan Kenaikan

Kompas.com - 19/09/2014, 08:10 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan variatif dan tetap mencoba naik pada perdagangan akhir pekan, Jumat (19/9/2014). Sentimen positif dari bursa global menjadi sentimen positif bagi IHSG.

Pasar saham AS melanjutkan penguatan seiring turunnya data klaim pengangguran Paman Sam. Penguatan terjadi di Indeks Dow Jones Industrial Average sebesar 0,64 persen dan indeks S&P500 sebesar 0,49 persen.  

Dari pasar Asia, pergerakan pasar saham dipengaruhi oleh kenaikan dollar AS. Apresiasi pasar saham Asia ditunjukkan oleh indeks Nikkei 225 di Jepang sebesar 0,73 persen dan indeks KOSPI Composite di Korea Selatan yang naik 0,37 persen. Sementara harga kontrak berjangka (futures) komoditas bergerak variatif.

Dari dalam negeri, Pertamina memperkirakan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi tahun ini berpotensi over kuota 1,62 juta kilo liter. Angka tersebut melebihi proyeksi semula yang sebesar 1,39 juta kilo liter. Dalam penyaluran BBM bersubsidi sesuai jatah kuota Pertamina, yakni sebesar 45,35 juta kilo liter, premium akan habis pada 24 Desember 2014, minyak tanah 22 Desember 2014, dan minyak solar pada 6 Desember 2014.   

Analis Teknikal Mandiri Sekuritas mengungkapkan jika IHSG diperdagangkan di atas EMA 200 hari. Indeks memasuki fase konsolidasi di kisaran 5.186 – 5.216 dan ditutup naik 0,38 persen di level 5.208. "Indikator MACD di area bullish mengindikasikan indeks masih akan melanjutkan penguatannya," tulisnya.  

Hari ini IHSG diperkirakan masih akan bergerak variatif dengan kecenderungan menguat terbatas. Indeks bergerak di kisaran level terendah 5.158 dan tertinggi 5.231. Saham yang direkomendasikan adalah AALI, WTON dan BBRI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com