Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Pertama, Pemerintahan Jokowi Butuh Rp 300 Triliun

Kompas.com - 24/09/2014, 06:17 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota tim transisi presiden terpilih Joko Widodo dari unsur Fraksi, Dolfie OFP menyebutkan dibutuhkan anggaran sekitar Rp 300 triliun untuk program infrastruktur dan program lain, pemerintahan Jokowi-JK di 2015.

Sore ini, Selasa (23/9/2014) tim transisi di antaranya Dolfie, Rini Soemarno, serta Hasto Kristyanto bertandang ke Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional.

"Totalnya ada Rp 300 triliun lebih, itu sudah termasuk modernisasi pasar-pasar, peningkatan kualitas Rumah Sakit dan puskemsas, menambah anggaran untuk penerima bantuan iuran (PBI) untuk BPJS," kata Dolfie kepada wartawan.

Selain itu, anggaran juga diperuntukkan untuk sembilan program, termasuk pendidikan wajib belajar 12 tahun, program infrastruktur untuk mempercepat kedaulatan pangan, serta program lain untuk menggerakkan perekonomian. Anggaran tersebut akan didapatkan dari APBN Perubahan 2015 setelah kementerian-kementerian baru terbentuk.

Adapun anggaran dalam postur RAPBN 2015 saat ini masih dialokasikan untuk struktur kabinet lama. Sementara itu di kabinet Jokowi-JK ada penggabungan kementerian, dan kementerian baru.

"Enggak mungkin dengan APBN yang sekarang. Ada penggabungan, penajaman, sehingga ada perubahan program (dan anggaran)," imbuh politisi PDI-Perjuangan itu. Dolfie menyebutkan, anggaran terbesar akan diperuntukkan pembangunan infrastruktur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com