Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Dibayangi Tekanan Sentimen Eksternal

Kompas.com - 25/09/2014, 08:45 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah kembali diuji kekuatannya pada perdagangan Kamis (25/9/2014). Kembali naiknya dollar index diproyeksikan menekan pergerakan rupiah hari ini.

Penjualan rumah baru AS diumumkan naik sehingga dollar index mendapatkan kembali momentum penguatannya. Itu juga diikuti oleh naiknya imbal hasil US Treasury 10 tahun serta pelemahan euro hingga ke 1,278 per dollar AS.

Menurut riset Samuel Sekuritas Indonesia, komentar Gubernur The Federal Reserve, Janet Yellen, tentang kemungkinan kenaikan Fed rate lebih dini juga memperkuat sentimen dollar AS. Malam ini ditunggu data jobless claims serta durable goods orders AS yang keduanya diperkirakan memburuk.  

Rupiah sendiri yang sempat melemah di pembukaan akhirnya menguat bersama mata uang lain di Asia hingga sore kemarin. Penguatan juga terlihat pada pasar SUN seiring dengan imbal hasil yang turun pada mayoritas tenor.

"Pelemahan tajam rupiah semenjak awal bulan September akibat sentimen pengurangan likuiditas oleh the Fed belum juga terkoreksi. Hari ini pelemahan mata uang garuda berpeluang kembali terjadi," tulisnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com