Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Siap Perdalam Pasar Modal

Kompas.com - 25/09/2014, 13:23 WIB
Tabita Diela

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai, pasar modal Indonesia punya potensi tumbuh lebih besar dari pasar modal negara lain khususnya regional. Institusi tersebut menyatakan siap mengantisipasi pertumbuhan tersebut.

"Kami melihat bahwa pasar modal kita berkembang cukup baik, tapi kami juga melihat ada perkembangan yang harus dilakukan agar liquid dan kompetitif," ujar Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, serta Anggota Dewan Komisioner OJK, Nurhaida di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (25/9/2014).

Menurut Nurhaida, OJK sudah merancang program dan strategi yang menyoroti berbagai hal di pasar modal. Namun, meski program banyak menekankan pada hal-hal yang dilakukan di pasar modal, pada dasarnya sangat terkait dengan industri keuangan dan bank.

"Kalau dilihat, program ini berkelanjutan dan merupakan program di OJK, baik di pasar modal, tapi berkaitan dengan perbankan dan IKNB (Industri Keuangan Non Bank)," imbuhnya.

Dalam pemaparannya, Nurhaida menjabarkan bahwa langkah pendalaman pasar modal memiliki empat building blocks. Keempatnya adalah penguatan infrastruktur sistem teknologi informasi, penyediaan regulasi yang akomodatif bagi industri sekaligus lebih melindungi investor, peningkatan sisi penawaran dan permintaan produk, serta efektifnya pengawasan dan penengakkan hukum di pasar modal.

"Kesemuanya diorientasikan pada peningkatan likuiditas dan kemampuan kompetiif pasar modal nasional memasuki era integrasi ekonomi ASEAN pada 2015 mendatang," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com