Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPS: Harga BBM Naik, Impor Minyak tak Turun

Kompas.com - 26/09/2014, 13:27 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin memperkirakan jika harga bahan bakar minyak (BBM) dinaikkan November 2014 ini pun, hal tersebut tak serta-merta dapat menurunkan impor minyak.

"Dalam waktu dekat impor masih akan tetap tinggi, karena kebutuhan tidak bisa dihentikan," kata dia di Jakarta, Jumat (26/9/2014).

Kebutuhan yang diperkirakan akan tetap tinggi diantaranya adalah untuk industri manufaktur, pertambangan, sektor transportasi, perdagagnan, dan konstruksi. "Jadi tidak serta merta impornya akan susut," tegas Suryamin.

Pernyataan Suryamin berbeda dengan pendapat beberapa pihak, yang menilai kenaikan harga BBM dapat menekan konsumsi sehingga mengurangi impor. Meski demikian, kenaikan harga BBM bersubsidi dapat sedikit menghemat anggaran pemerintah.

Deputi Bidang Statistik, Distribusi, dan Jasa BPS, Sasmito Hadi Wibowo mengatakan, pengaruh kenaikan harga BBM terhadap penurunan impor minyak tidak akan signifikan pasca-kenaikan harga BBM bersubsidi, dengan asumsi kenaikan terjadi pada November.

"Tapi dari segi penghematan lumayan juga, misalnya naik Rp 3.000 per liter jika dikalikan dengan volume impor minyak per hari, dampaknya triliunan rupiah juga," kata Sasmito.

Setidaknya, kata dia, dengan pertimbangan ini Joko Widodo dan Jusuf Kalla bisa segera ambil kebijakan. "Kenaikan harga BBM bisa mengurangi banyak sekali anggaran subsidi yang mencapai ratusan triliun rupiah. Itu bisa menjadi tambahan amunisi untuk dialihkan ke infrastruktur atau ke sektor maritim, dan lainnya," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com