Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Berinvestasi di "Indonesia Financial Expo & Forum"

Kompas.com - 26/09/2014, 15:11 WIB
Tabita Diela

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kemudahan berinvestasi kini semakin gencar digaungkan oleh perusahaan-perusahaan yang menawarkan jasa keuangan. Salah satu caranya, lewat kegiatan-kegiatan pameran dan pertemuan, seperti Indonesia Financial Expo & Forum (IFEF) yang mulai diadakan hari ini, Jumat (26/9/2014) hingga Minggu (28/9/2014).

IFEF keempat tersebut diadakan oleh PT Grahanusa Mediatama yang menerbitkan media bisnis dan investasi KONTAN, serta PT Dyandra Promosindo. Sebelumnya, IFEF sudah mulai dilaksanakan sejak 2011. Setiap tahun, jumlah pengunjung perhelatan tersebut terus bertambah. Karena itu, KONTAN dan Dyandra optimis, IFEF tahun ini bisa menjaring sekitar 20.000 pengunjung.

"Kami yakin misi edukasi IFEF bisa menjangkau masyarakat yang lebih luas," ujar Pemimpin Redaksi KONTAN, Ardian Taufik Gesuri.

Dari pantauan Kompas.com di lapangan, IFEF konsisten dengan misi edukatifnya. Perwakilan dari masing-masing perusahaan penyedia jasa keuangan mampu menjelaskan dengan detil mengenai masing-masing alat investasi baik saham, danareksa, dan emas meski pengunjung hanya sekadar bertanya.

Seperti yang dilakukan Titik Setiati, Enrollment Coach Business & Wealth Coaching Vanaya Institute yang memberikan penjelasan singkat mengenai alat investasi yang cocok untuk profesional muda.

Titik juga mengungkapkan bahwa Vanaya Institute membuka kelas pelatihan selama tiga hari bagi mereka yang ingin belajar lebih dalam mengenai investasi.

Ada pula Tulus Pandapotan Manullang, Senior Relationship Officer Panin Asset Management yang secara khusus menjelaskan mengenai reksadana. "Reksa dana didesain untuk orang yang tidak punya waktu dan orang yang belum mengerti saham," ujar Tulus.

Adapun beberapa institusi yang bisa ditemui di acara ini antara lain Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Bank Mandiri Tbk, PT Aneka Tambang Tbk, Panin Asset Management, Phillip Securities Indonesia, Samuel Asset Management, Comminwealth Bank, dan berbagai perusahaan lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com