Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmikan Balai Penelitian Peninggalan Soeharto, Mentan Harapkan Varietas Baru

Kompas.com - 30/09/2014, 14:51 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


SUBANG, KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Suswono meresmikan Balai Besar Penelitian Tanaman Padi di Kecamatan Sukamandi, Subang, Jawa Barat. Balai penelitian tersebut merupakan peninggalan pemerintahan Presiden Soeharto.

"Kami menyempurnakan gedung yang di bangun pak Harto tahun 1983," ujar Suswono saat menyampaikan sambutannya di Subang, Selasa (30/9/2014).

Peresmian Balai Besar Penelitian Padi (BBPP) tersebut merupakan tindak lanjut dari pemugaran yang dilakukan pemerintah sejak beberapa tahun lalu. Saat ini BBPP Sukamandi Subang memiliki 50 peneliti padi dan beberapa peneliti pembantu dari BBPP lainnya.

Dalam perjalanan sejarahnya, BBPP sudah menghasilkan lebih dari 30 varitas padi sejak diresmikan Soeharto pada tahun 1983 lalu.

Suswono pun berharap, dengan pemugaran BBPP tersebut maka kinerjanya pun akan semakin baik. Menurut dia, dengan semakin banyak penelitian padi, maka kualitas dan kuantitas padi nasional bisa terus berkembang sehingga mampu memenuhi kebutuhan nasional yang juga terus meningkat.

"Semoga bukan hanya gedungnya saja jadi baru, tetapi varietas-varietas baru juga muncul," kata Suswono

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com