Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentan Iri dengan Perbankan Malaysia dan Thailand

Kompas.com - 30/09/2014, 15:57 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


SUBANG, KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Suwono menilai adanya perbedaan perhatian dunia perbankan di Indonesia dan dibeberapa negara Asia Tenggara. Dia pun mengaku iri atas tingginya perhatian perbankan di Malaysia dan Thailand.

"Saya kadang-kadang iri kepada negara-negara tetangga (Malaysia dan Thailand) karena memberikan skim khusus untuk kemudahan kepada petani," ujar Suswono saat berdiskusi bersama Pemimpin Redaksi Media di Subang, Selasa (30/9/2014).

Lebih lanjut, kata Suswono, skema khusus yang diberikan Malaysia dan Singapura adalah kemudahan pemberian pinjaman bank. Bahkan kebijakan suku bunga pinjaman di dua negara tersebut sangat rendah. Sementara itu di Indonesia, tingginya suku bunga pinjaman bank kepada petani membuat petani sulit untuk mengembangkan usaha taninya.

Oleh karena itu, dia pun berpikir bahwa perlu adanya bank khusus petani sehingga memudahkan petani menjangkau akses perbankan. "Mungkin perlu bank khusus untuk pertanian. Saya sudah ingatkan tapi responsnya kecil. Di Malaysia banyak diberikan kemudahan kepada petani, di Thailand juga," kata Suswono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com