Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Investasi Asing, BPH Migas Usul Harga BBM Bersubsidi Naik Rp 4.000

Kompas.com - 01/10/2014, 19:57 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala BPH Migas Andi Norsaman Sommeng mengatakan, kenaikan harga BBM Rp 4.000 akan sangat menguntungkan Indonesia. Pasalnya investasi asing di sektor hilir migas yaitu pembangunan SPBU asing akan semakin banyak.

"Pertamina sudah kewalahan, tidak gampang mengelola SPBU dari Sabang sampai Merauke," ujar Sommeng di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (1/9/2014).

Someng menjelaskan, akibat subsidi yang diberikan pemerintah untuk BBM, banyak SPBU asing yang akhrinya tutup. Menurut dia, hal tersebut terjadi karena SBPU asing kalah bersaing dengan SPBU Pertamina yang menjual BBM lebih murah dari yang dijual oleh Perusahaan minyak asing.

Untuk itu, dia mendukung perusahaan seperti Shell, Petronas dan Total memperbanyak SPBU di Indonesia. Pasalnya, dengan begitu maka masyarakat akan membeli BBM dari SPBU asing yang BBM-nya didapat dari perusahaan asing tersebut. Dampaknya menurut dia, Pertamina akan banyak memiliki stok BBM.

"Makin banyak penyimpanan kan bagus. Pertamina kan (perusahaan) besar jadi bisa bersaing," kata dia.

Sementara saat ditanya mengapa tidak membuat kilang-kilang baru untuk meningkatkan produksi minyak, Sommeng malah mempertanyakan apakah dana untuk merealisasikan hal tersebut ada atau tidak.

"Bangun kilang kita ada duit enggak?, kalau ada kilang terus yang menyuplai crude ada enggak ?," tanya kepala BPH Migas tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com