Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah dan Parlemen Bersebrangan, Dunia Usaha Khawatir

Kompas.com - 03/10/2014, 19:15 WIB
Icha Rastika

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung menyampaikan adanya kekhawatiran dunia usaha atas kondisi politik tanah Air belakangan ini. Dunia usaha khawatir pemerintah yang baru tidak bisa bekerja efektif karena tidak didukung parlemen.

"Tentu dunia usaha melihat, adanya kekhawatiran bahwa pemerintah yang akan datang itu nanti tidak bisa bekerja efektif karena ada pengelompokan yang berbbeda, antara pemerintah dengan parlemennya," kata Chairul di Kompleks Istana Negara Jakarta, Jumat (3/9/2014).

Dia menyampaikan, dunia usaha tentu berharap adanya hubungan yang harmonis antara eksekutif dengan legislatif. Hubungan pemerintah dan parlemen yang membangun, kata dia, tentu akan meningkatkan kepercayaan dunia usaha.

"Kadin (Kamar Dagang Indonesia) sendiri sudah menyampaikan imbauannya, sudah menyampaikan concernnya (perhatiannya), tentu saya juga mendengarkan secara langsung banyak sekali pengusaha yang agak khawatir terhadap keadaan yang sekarang," tutur Chairul.

Sejumlah pihak mengkhawatirkan pemerintahan presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan wakilnya, Jusuf Kalla tidak berjalan efektif nantinya. Hal ini tidak terlepas dari kekuatan politik koalisi partai pendukung Jokowi-Kalla yang gagal menguasai parlemen. DPR dipimpin koalisi merah putih yang bersebrangan dengan partai pendukung Jokowi-Kalla.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com