Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Restui Perbankan Ajukan Pinjaman Luar Negeri 1 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 03/10/2014, 19:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Ada kabar gembira bagi perbankan. Pasalnya, Bank Indonesia (BI) kembali merestui permohonan pinjaman luar negeri dari perbankan sebesar 1 miliar dollar AS, dari total permohonan pinjaman sebesar 6 miliar dollar AS pada tahun 2014 ini.

Halim Alamsyah, Deputi Gubernur BI, mengatakan, sisanya pinjaman luar negeri yang belum disetujui sebesar 1 miliar dollar AS, setelah BI menyetujui permohonan pinjaman luar negeri sebesar 4 miliar dollar AS pada Agustus 2014.

Artinya, sebesar 5 miliar dollar AS pinjaman luar negeri perbankan sudah disetujui BI. Halim menambahkan, pihaknya belum merestui pinjaman luar negeri sebesar 1 miliar dollar AS, karena ada berbagai pertimbangan yang harus dipenuhi.

“Apabila memberatkan negara (republik), tidak akan kami kasih,” kata Halim, (3/10). Kedepan, pihaknya, belum dapat memastikan apakah perbankan masih akan memanfaatkan pinjaman luar negeri untuk mengantisipasi kekeringan likuiditas di tahun 2015.

Pasalnya, kondisi ekonomi dan politik dalam negeri ataupun luar negeri belum dapat diprediksi. Halim menambahkan, jika memperhitungkan kondisi likuiditas, kemungkinan perbankan masih akan melakukan permohonan pinjaman luar negeri di tahun depan.

Pahala N. Mansury, Direktur Keuangan Bank Mandiri, mengatakan, pihaknya belum ada rencana melakukan pinjaman luar negeri untuk tahun 2015, karena pihaknya masih mengkaji dan memperhitungkan Rencana Bisnis Bank (RBB).

"Mungkin ada, tapi masih pembicaraan,” kata Pahala. Menurutnya, Mandiri melakukan pinjaman luar negeri melalui cara bilateral dengan negara-negara lain. Sedangkan, rencana pencarian dana di pasar (market) juga belum ada rencana. (Nina Dwiantika)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com