Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dollar AS Melemah, Harga Emas Dunia Bangkit dari Level Terendah 15 Bulan

Kompas.com - 07/10/2014, 08:17 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com - Kontrak emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih tinggi pada Senin ( 6/10/2014) waktu setempat (Selasa pagi WIB), eiring dengan melemahnya nilai tukar kurs dollar AS.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember, naik 14,4 dollar AS, atau 1,21 persen, menjadi menetap di 1.207,3 AS dollar per ounce.

Emas "rebound" atau berbalik naik dari terendah dalam 15-bulan menjadi berdiri di atas tingkat 1.200 dollar AS per ounce lagi, sementara indeks dolar mundur dari dekat tertinggi empat tahunnya.

Sebenarnya, emas pada Senin melaporkan kenaikan terbesar satu hari dalam dua bulan terakhir.

Ekuitas AS yang bergerak menurun pada Senin juga mendukung emas karena situasi itu memicu permintaan baru dan "short covering" di pasar emas.

Beberapa analis pasar menilai emas telah oversold. Mereka memperkirakan harga emas menjadi rata-rata 1.400 dollar per ounce pada 2015 dan 1.450 dollar AS pada 2016, karena permintaan global tetap kuat, likuiditas masih cukup dan dollar tampak overbought.

Semetnara perak untuk pengiriman Desember bertahan tak berubah dari posisi Jumat (3/10/2014). Platinum untuk pengiriman Januari melonjak 22,3 dollar AS, atau 1,82 persen, menjadi ditutup pada 1.249,2 dollar AS per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com