Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Kemarau, Harga Beras di Tegal Merangkak Naik

Kompas.com - 07/10/2014, 12:57 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis


TEGAL, KOMPAS.com - Musim kemarau yang melanda sejumlah daerah membuat pasokan beras di Pasar Beras, Martoloyo, Kota Tegal, Jawa Tengah terganggu. Akibatnya, kenaikan harga kini terjadi dari kisaran Rp 300- Rp 500 per kilogram.

Salah seorang pedagang, Abdullah (57) mengaku, biasanya dalam seminggu dirinya bisa mendapatkan lima ton beras dari petani. Namun sudah sepekan, dirinya hanya mampu mendapatkan sekitar dua ton saja.

"Biasanya pasokan datang dari para petani dari Pemalang, Bumiayu, dan Brebes, tapi kini tidak ada yang ke sini, mungkin karena sudah habis musim panen," kata Abdullah di lapaknya, Selasa (7/10/2014).

Hal senada juga dikatakan Nuredi, salah seorang pedagang beras lainnya. Berkurangnya pasokan membuat stok beras menjadi langka. Akibatnya, harga beras berbagai jenis kini mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

"Beras jenis lokal (C4) yang tadinya Rp 7600 kini mencapai Rp 7900, sementara harga beras jenis Pandan Wangi dan Rojo Lele dari Rp 8000 kini menjadi Rp 8500 perkilogram," ujar Nuredi.

Pedagang memperkirakan kenaikan harga akan terus terjadi seiring musim kemarau yang masih melanda. Para pedagang di Pasar Beras disini biasanya menjual barang dagannya ke sejumlah pasar di wilayah Kota Tegal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com