Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sofjan: Investasi Baru Masuk Setelah Kegaduhan Politik Usai

Kompas.com - 08/10/2014, 20:21 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com- Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi memandang, kondisi politik di Indonesia masih memberikan pengaruh besar terhadap kepercayaan diri para pelaku usaha.

Mengamati perkembangan politik saat ini, Sofjan berkeyakinan investor akan mulai masuk, pada pertengahan tahun depan, paska kegaduhan politik usai.

"Investor, kalau Jokowi belum dilantik, masih akan menunggi. Lalu nunggu aplikasinya. Investor baru masuk sampai pertengahan tahun depan. Karena kita pusing kalau ikutin (politik) terus," ujar Sofjan ditemui di Trade Expo Indonesia ke-29, Jakarta, Rabu (8/10/2014).

Konisi politik sangat cepat berubah arah. Misalnya, kata Sofjan, bagaimana Partai Persatuan Pembangunan berpindah haluan dalam hitungan menit. Namun, hal tersebut tidak serta-merta bisa memberikan angin segar kepada pasar.

"Tapi kita lihat jangka panjang. Meski konsolidasi kita lakukan, tapi perekonomian dunia juga terus menurun," kata Sofjan.

Lebih dari itu, perekonomian domestik juga terkoreksi, buntut kebijakan uang ketat. Atas dasar itu, ke depan, Sofjan berharap pemerintah dapat mendorong iklim usaha yang lebih positif dengan mengurangi biaya-biaya yang tidak perlu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com