Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirut BEI: Asing Jual Saham, Kesempatan Bagi Investor Domestik

Kompas.com - 09/10/2014, 12:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Ito Warsito mengimbau kepada investor domestik agar memandang kondisi pasar modal Indonesia dengan positif, walau saat ini terjadi sedikit pelemahan pada Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

"Sebetulnya  saat ini adalah kondisi sangat bagus bagi investor domestik untuk mulai masuk ke pasar saham Indonesia," kata Ito saat ditemui di gedung BEI, Jakarta, Kamis (9/10/2014).

Menurut Ito, berkaca pada data statistik saat ini para investor asing masih menjadi dominan di pasar saham dalam negeri, dengan porsi 64 persen. Sementara, sisanya dikuasai oleh investor domestik.

"Ini kesempatan reposisi, investor domestik untuk memperbesar porsi investasinya di Bursa Efek Indonesia. Harga saham turun karena investor asing jual, maka investor domestik untuk masuk (beli)," ujar Ito.

Ketika harga saham murah sudah dimanfaatkan oleh investor domestik, maka nantinya saat investor asing masuk kembali, harga saham yang telah dijualnya sudah mahal.

Pada pembukaan perdagangan hari ini, tercatat investor asing menjual saham senilai Rp 62,2 miliar dan pembelian sebanyak Rp 49,1 miliar.(Seno Tri Sulistiyono)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com