Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KA Bandara Soekarno-Hatta Terintegrasi dengan Semua Terminal

Kompas.com - 10/10/2014, 21:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan stasiun kereta api Bandara Soekarno-Hatta, nantinya akan mengintegrasikan setiap terminal.

Direktur Pengembangan Kebandarudaraan dan Teknologi PT Angkasa Pura II, Salahudin Rafi di Tangerang, menjelaskan, pembangunan kereta bandara karena terdapat Stasiun KA Integrated Building yang menghubungkan dengan T1, T2 dan intermoda secara terintegrasi.

Ia mengatakan, stasiun kereta api merupakan Integrated Building setinggi 7 lantai, yang dilengkapi dengan fasilitas parkir berkapasitas 20.000 lot mobil.

"Nantinya, jalur KA Stasiun Tangerang terkoneksi dengan Stasiun KA di Integrated Building Bandara Soekarno - hatta. "Sehingga T1, T2, T3 dan Gedung Kargo akan terkoneksi," katanya.

Lalu, penumpang yang menggunakan jasa transportasi seperti kereta api, taksi, bus dan moda lainnya akan bertemu di Integrated Building.

"Di gedung itu nanti terdapat connecting transportation, yaitu Automated People Mover Systems," jelas Salahudin.

Ditambahkannya, untuk mengatasi berbagai permasalahan di Bandara Internasional Soekarno Hatta, tidak bisa diselesaikan secara parsial, melainkan harus dilakukan pengembangan secara komprehensif.

"Maka itu, upaya yang dilakukan adalah dengan penambahan sarana dan fasilitas serta penyediaan transportasinya," ujarnya.

Manajer Humas dan Protokoler Bandara Soekarno-Hatta, Yudis Tiawan, mengatakan, pembangunan pengembangan Terminal 3 Ultimate di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, saat ini sudah mencapai 60 persen.

Ia menjelaskan, pengembangan terminal 3 meliputi penambahan Baggage Handling System (BHS) yakni pendistribusian tas bagasi yang lebih aman menggunakan sistem komputer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com