Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temui Jokowi, Menlu Srilanka Minta Indonesia Tingkatkan Impor Mutiara dan Kayu Manis

Kompas.com - 12/10/2014, 19:00 WIB
Ihsanuddin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden terpilih Joko Widodo menerima Menteri Luar Negeri Srilanka GL Peiris di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta, Jalan Taman Suropati, Jakarta Pusat, Minggu (12/10/2014) sore. Pertemuan itu membahas kerja sama ekonomi kedua negara.

Peiris tiba di lokasi sekitar pukul 17.00 WIB dan disambut hangat oleh Jokowi. Pertemuan berlangsung tertutup dan wartawan hanya diizinkan mengambil gambar.

Seusai pertemuan, tidak ada sesi konferensi pers. Sekitar 17.45 WIB, Peiris langsung meninggalkan lokasi dan Jokowi juga tidak nampak keluar dari rumah dinasnya.

Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang ikut dalam pertemuan tersebut mengatakan, awalnya Peiris mengucapkan selamat kepada Jokowi yang sebentar lagi akan dilantik menjadi orang nomor satu di negeri ini. Selain itu, keduanya membicarakan soal kerja sama ekonomi kedua negara. Peiris menyampaikan bahwa saat ini pertumbuhan ekonomi Srilanka sekarang mencapai 7,6 persen.

"Mereka melakukan ekspor, baik ke Indonesia, ke Eropa, dan Asia. Beliau menyampaikan kerja sama dengan Indonesia supaya bisa dipererat lagi. Ekspor tertinggi mereka kan mutiara, kayu manis sudah berjalan dan minta, kalau Jokowi jadi presiden, ditingkatkan," kata Heru.

Selain itu, kata Heru, Jokowi juga diminta berkunjung ke Srilanka apabila sudah dilantik menjadi presiden. Peiris ingin saling berbagi dan bertukar informasi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com