Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LPS Apresiasi OJK Halau "Perang" Suku Bunga

Kompas.com - 20/10/2014, 14:20 WIB
Tabita Diela

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Samsu Adi Nugroho, mengungkapkan apresiasinya terhadap langkah Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Khususnya, langkah OJK yang mencoba menahan "perang" suku bunga antar bank-bank besar dengan menghimbau bank tersebut.

"Kalau bank-bank besar perang suku bunga, bank kecil menengah akan kena imbasnya. Kita sih apresiasi. Dari LPS kita apresiasi dan itu akan kita lihat, kita analisis, dan itu akan menjadi masukan yang signifikan dalam menentukan tingkat bunga penjaminan," ujar Samsu di Jakarta, Senin (20/10/2014).

Menurut Samsu, OJK memang punya wewenang untuk menghimbau bank-bank agar tidak melakukan perang suku bunga. Selain itu, langkah OJK juga tidak dipandang dari sudut pandang kepentingan otoritas, tapi dari juga kepentingan bank. Lagipula, tutur Samsu, himbauan OJK tersebut juga penting untuk melindungi bank sendiri.

"Jadi gini, kita apresiasi karena memang OJK punya wewenang untuk menghimbau bank-bank untuk tidak melakukan perang bunga. Karena dengan resi bunga tinggi dan cenderung naik, itu kan cost of fund-nya naik. Otomatis fungsi intermediary-nya bisa terganggu," imbuh Samsu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com