Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tiga Kota Paling Rawan Macet di Indonesia

Kompas.com - 21/10/2014, 18:56 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kemacetan menjadi hal yang akrab ditemui di kota-kota besar di Indonesia. Tak ayal, akibat kemacetan itu pertumbuhan ekonomi suatu kota tidak bisa maksimal.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memiliki data mengenai tiga kota yang paling rawan macet di Indonesia. Hal itu diketahui berdasarkan ukuran rasio volume kendaraan dan kapasitas jalan atau biasa disebut volume capacity ratio (VCR).

"Jakarta, Bogor, dan Bandung sangat rawan macet," ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Kemenhub Elly Adriani Sinaga di Jakarta, Selasa (21/10/2014).

Dia menjelaskan, berdasarkan VCR, DKI Jakarta menempati posisi nomer wahid dengan VCR 0,85 dengan rata-rata kecepatan kendaraan 10-20 km per jam. Sementara Kota Bogor menempati urutan dua yakni 0,86 dengan kecepatan kendaraan 15,32 km per jam. Ibu Kota Jawa Barat yaitu Bandung menempati urutan ketiga dengan VCR 0,85 dengan kecepatan kendaraan rata-rata 14,3 km per jam.

Untuk mampu mengurai kemacetan itu menurut dia, ketersediaan jalan dan volume kendaraan harus mutlak disesuaikan. Cara kata dia yaitu dengan menata kembali tata guna lahan memantapkan rencana transportasi. "Kalau nggak diselesaikan sampai kiamat enggak akan selesai," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com