Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Mau Jual 15 Pesawat Sukhoi Superjet 100 ke Indonesia

Kompas.com - 22/10/2014, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Rusia, dalam siaran pers yang dilansir pada Selasa (21/10/2014), mengonfirmasi rencana memasok hingga 15 pesawat penumpang Sukhoi Superjet 100 untuk Indonesia, dalam tiga tahun ke depan.

Dalam siaran pers tersebut dinyatakan kunjungan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia, Denis Manturov, mengatakan, "Dalam waktu dekat kami akan membuat keputusan tentang pengiriman pesawat (terkait kesepakatan sebelumnya), dan juga berencana membuat kontrak baru untuk 15 pesawat lagi (untuk pengiriman) tiga tahun ke depan."

Pada 2011, Rusia memasoak 12 SSJ 100 ke Indonesia melalui PT Sky Aviation, dengan nilai kontrak diperkirakan mencapai 384,4 juta dollar, atau dalam kurs sekarang setara kurang lebih Rp 460 miliar.

Pada 2013, PT Sky Aviation mengalami kesulitan dan kegiatan usahanya dibekukan. Hingga pembekuan tersebut, baru 3 SSJ 100 yang sudah dikirim ke Indonesia.

Sebuah tim yang berisi perwakilan dari perusahaan Sukho bersama Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Rusia di Jakarta, sedang mencari maskapai penerbangan yang keuangannya stabil untuk merealisasikan rencana kontrak baru ini.

SSJ 100 merupakan pesawat sipil modern Rusia yang pertama kali terbang pada 2008. Pesawat ini dibuat oleh konsorsium yang melibatkan mitra internasional Rusia, dirancang untuk penerbangan jarak pendek hingga menengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com