Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia Berani Lakukan "Manuver" seperti Lion, tetapi...

Kompas.com - 23/10/2014, 14:21 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indonesia AirAsia mengaku berani melakukan manuver seperti Lion Air menjadi pengelola bandara. Tetapi, AirAsia menunggu pemerintah membuka seluas-luasnya kesempatan kepada pihak swasta mengelola bandara lain.

"Kita berani, tapi bandara di mana lagi? (Di Jakarta) kan cuma Halim. Kita harapkan kelak pemerintah membuka (kesempatan) itu," ujar Presiden Direktur Indonesia Air Asia Sunu Dwiatmoko di Tangerang, Kamis (23/10/2014).

Terkait manuver Lion mengelola Bandara Halim Perdanakusuma, Sunu mengatakan, apa yang dilakukan Lion merupakan strategi bisnis sejak beberapa tahun lalu. Dia menilai, masuknya swasta menjadi pengelola bandara merupakan awal yang baik bagi bisnis penerbangan ke depan.

Oleh karena itu, menurut Sunu, jika pemerintah memberikan kesempatan kepada Air Asia untuk mengelola bandara, maka maskapai milik Tony Fernandes itu mengaku akan senang. "Kalau disuruh ngelola kita pasti seneng," kata dia.

Sebelumnya, Lion Group sangat berhasrat mengembangkan Bandar Udara Halim Perdanakusuma dengan fasilitas lengkap. Hal itu dibuktikan Lion dengan menggandeng kontraktor PT Adhi Karya (Perseso) Tbk sebagai pembuat desain proyek tersebut.

Alasan Lion menginvestasikan dananya untuk pengembangan Bandara Halim Perdanakusuma bukan muncul tiba-tiba. Lion, menurut Direktur Umumnya Edward Sirait, sudah memiliki rencana sejak tahu 2004 di mana manajemen melihat bahwa bandara tersebut merupakan jawaban atas tersendatnya pembangunan dan meluapnya penumpang di Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga: Direktur Lion Air: Insting Bos Saya Luar Biasa...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com