Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Dunia Siap Beri Tambahan Pinjaman kepada Pemerintahan Jokowi

Kompas.com - 23/10/2014, 19:55 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Bank Dunia mengaku berkomitmen bahwa mereka akan membantu pemerintahan Jokowi dengan menyuntikkan dana pembangunan infrastruktur. Bahkan, jika kebutuhan dana infrastruktur lebih besar, maka Bank Dunia bisa memperbesar anggaran dananya.

"Intinya kami bekerja sama dengan pemerintah. Kalau kebutuhan pemerintah Jokowi meningkat, tentunya, mungkin tidak hanya dari World Bank, tetapi lembaga-lembaga lain juga pasti akan mendukung sesuai peningkatan itu," ujar Transport Specialist Bank Dunia A Aldian setelah diskusi Kadin, di Jakarta, Kamis (23/10/2014).

Dia menjelaskan, Bank Dunia sangat serius membantu infrastruktur Indonesia. Selama ini, lembaga tersebut mengatakan bahwa mereka sudah menyalurkan dana untuk infrastruktur publik, seperti pembangunan jalan dan perawatan jalan.

"Kalau masalah itu (penambahan anggaran) masih bisa. Pada intinya, kami siap memberikan bantuan terhadap kebijakan infrastruktur karena kami juga fokus di bidang infrastruktur," kata dia.

Bank Dunia sangat percaya kepada Jokowi. Pasalnya, selama kepemimpinan Jokowi di Jakarta, berbagai infrastruktur dibangun dan diperbaiki. "Dari pembicaraan beliau, kami yakin bahwa beliau akan mendukung sektor infrastruktur, apalagi beliau pada waktu di DKI sudah bergerak memperbaiki infrastruktur transportasi, perairan, dan sanitasi," kata dia.

"Semua infrastruktur penting, tetapi kalau bicara prioritas berarti listrik harus ada, transportasi ada, misal kereta api. Kalau bicara transportasi, energinya juga harus ada. Saat ini, saya rasa, energi dan transportasi itu yang harus didahulukan," tandas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com