Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2014, 10:31 WIB

MEDAN, KOMPAS.com -  Niat Foxconn Technology Group untuk berinvestasi ke Indonesia kian santer. Kabar terakhir, Chairman Foxconn Technology Group, Terry Gou dikabarkan akan segera menemui Presiden Joko Widodo.

Kabar ini disampaikan oleh juru bicara Foxconn Simon Hsing kepada kantor berita Reuters awal pekan ini. Foxconn melihat prospek investasi di Indonesia cerah. Karenanya mereka ingin investasi sekitar 1 miliar dollar AS. "Kami akan membawa kemampuan manufaktur maupun rantai pasokan," katanya.

Namun, klaim Foxconn ini baru sebatas janji. Azhar Lubis, Deputi Bidang Pengendalian Penanaman Modal Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bilang pihaknya belum mendapat informasi resmi soal rencana realisasi investasi Foxconn di Indonesia.

"Kami akan memfasilitasi supaya segera terealisasi," ujar Azhar di kepada KONTAN, Kamis (23/10/2014).

Ali Soebroto, Ketua Gabungan Pengusaha Elektronik (Gabel) juga belum mendapatkan informasi realisasi investasi Foxconn.

Dari catatan, sejumlah perusahaan dengan investasi lebih dari 800 juta dollar AS siap masuk. Seperti Samsung, Saint Gobain, Asahimas Flat Glass (AMFG), dan Mitsubishi. Misalnya, Mitsubishi akan bangun pabrik mobil dengan investasi 600 juta dollar. Kemudian ada AMFG membangun pabrik anyar dengan nilai investasi sebesar 154,9 juta dollar.

Christi Keseger, Sekretaris Perusahaan PT Krakatau Posco, usaha patungan Posco (Korea Selatan) dengan Krakatau Steel bilang Posco juga akan melakukan investasi tahap kedua di Indonesia.

Namun seperti apa bentuk investasi Posco ini maupun kapan waktu yang tepat berinvestasi masih dalam tahap pembicaraan. "Itu yang mau dibicarakan dengan pihak  terkait," ujar dia. (Benediktus Krisna Yogatama)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com