Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI dan OJK Buat Program Pendidikan Pengawasan Makroprudensial

Kompas.com - 27/10/2014, 14:16 WIB
Tabita Diela

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo, meresmikan Pembukaan Program Pendidikan Pengawasan Makroprudensial di Jakarta, Senin (27/10/2014).

Dalam pernyataan pers disebutkan, program ini merupakan salah satu upaya kolaborasi BI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam meningkatkan kualitas pengawasan makroprudensial. Program pendidikan tersebut diikuti oleh pegawai BI dan pegawai OJK.

Ahli moneter, ahli stabilitas sistem keuangan, serta ahli perbankan menjadi narasumber dalam pelatihan tersebut. Tidak hanya berasal dari interen BI dan OJK, akademisi universitas terkemuka pun akan didatangkan untuk melatih para karyawan.

"Hal ini merupakan upaya nyata BI untuk memperkuat pelaksanaan pengawasan makroprudensial secara lebih efektif dan optimal dalam rangka menjaga stabilitas sistem keuangan," ujar Agus dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (27/10/2014).

Sebagai catatan, per 31 Desember 2013 lalu, fungsi pengaturan dan pengawasan perbankan (mikroprudensial) telah dialihkan kepada OJK. Sementara itu, BI berkewenangan mengawasi makroprudensial untuk menjaga sabilitas sistem keuangan. Sumber daya manusia yang bekerja pada BI dan OJK tentu perlu memiliki kapasitas yang mumpuni dalam bidang makroprudensial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com