Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jonan Sodorkan Lebih dari 1 Kandidat Dirut KAI kepada Rini Soemarno

Kompas.com - 29/10/2014, 15:31 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan membenarkan bahwa dirinya memberikan saran kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno terkait nama-nama calon Dirut KAI.

Saat ditemui setelah penunjukan Edi Sukmoro di Kantor Kementerian BUMN, Jonan mengatakan bahwa dia diminta pendapatnya mengenai Dirut KAI oleh Rini Soemarno. "Saya hanya diminta masukan," ujar Jonan.

Setelah diminta, Jonan langsung memasukkan beberapa nama kepada Menteri BUMN. "Lalu saya masukkan beberapa nama kepada Menteri BUMN, dan sebaiknya dipilih 1 dari 9 direktur (KAI) yang ada," kata dia.

Menurut Jonan, alasan dirinya menyarankan agar Rini memilih 1 dari 9 direktur KAI karena supaya ada kesinambungan dalam pengelolaan BUMN kereta api tersebut.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno telah menunjuk Edi Sukmoro menjadi Direktur Utama PT KAI. Namun rupanya, keputusan Rini itu diambil setelah dia meminta saran Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

"Direksi melakukan proper dan ada beberapa nama, saya juga menanyakan kapada Pak Jonan... Akhirnya saya memilih Pak Edi," ujar Rini Soemarno saat jumpa pers di kantornya.

Rini menuturkan, alasan mengapa dia meminta pendapat dari Menhub lantaran Jonan adalah mantan Dirut KAI. Menurut Rini, Jonan sudah sangat pengalaman di KAI sehingga dinilai mengetahui persis selak-beluk pejabat KAI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com