Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Janji Bangun 13 Kawasan Industri di Luar Pulau Jawa

Kompas.com - 30/10/2014, 15:38 WIB
Icha Rastika

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana membangun 13 kawasan industri di luar Pulau Jawa. Langkah itu dilakukan guna mempercepat pembangunan di luar Pulau Jawa.

Menteri Perindustrian Saleh Husin menyampaikan, pembangunan 13 kawasan industri di luar Pulau Jawa tersebut masih disiapkan. "Itu arahan dari Bapak Presiden. Ada 13 kawasan industri di luar kawasan Pulau Jawa dan itu yang sementara ini diproses," kata Saleh di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (30/10/2014).

Mengenai daerah mana yang akan dibangun kawasan industri di luar Jawa, Saleh menyebut beberapa daerah, yakni Maluku, Papua, Sulawesi Selatan, Lampung, dan Sumatera Utara. Diharapkan, kawasan industri di luar Jawa tersebut dapat menyerap tengaha kerja cukup banyak. Untuk pembangunan ini diperlukan kerjasama antara pemerintah dengan pihak swasta.

"Di samping itu nanti muncul pabrikan-pabrikan yang baru sehingga dengan sendirinya dapat menyerap tenaga kerja yang cukup banyak," sambung Saleh.

Selain itu, pembangunan kawasan industri diharapkan bisa meningkatkan perekonomian daerah sekitarnya. Dalam pelaksanaannya nanti, pemerintah pusat akan berkoordinasi dengan pemerintahan daerah yang tergolong maju industrinya seperti Jakarta. Pembangunan kawasan industri luar Jawa ini juga memerlukan koordinasi Kemenperin dengan kementerian lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com