Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Dunia Turun ke Kisaran 81 Dollar AS

Kompas.com - 31/10/2014, 08:15 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak dunia turun kembali pada Kamis (30/10/2014) waktu setempat (Jumat pagi WIB) setelah dua hari mencatat keuntungan moderat. 

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember, kehilangan 1,08 dollar AS menjadi 81,12 dollar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara di perdagangan London, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Desember, turun 88 sen menjadi menetap di 86,24 dollar AS per barel.

Harga tetap sedikit di atas posisi terendah multi-tahun pada pertengahan Oktober.

Menguatnya dollar AS karena membaiknya perekonomian AS kuartal III, membuat harga minyak mentah lebih mahal untuk pengguna mata uang lainnya. Informasi saja  ekonomi AS  periode Juli-September tumbuh 3,5 persen, atau melebihi perkiraan para analis yang sebesar 3,0 persen.

Beberapa analis mengatakan, mereka tidak memperkirakan kecepatan itu akan bertahan hingga melalui kuartal sekarang. "Pertumbuhan ini akan berkurang oleh dollar AS yang meningkat dan pertumbuhan ekonomi yang buruk di luar AS," kata Doug Handler, kepala ekonom AS di IHS.

Daniel Ang, analis investasi pada Phillip Futures di Singapura, mengatakan investor juga mempertimbangkan laporan pasokan AS terbaru pada Rabu, yang menunjukkan cadangan minyak mentah naik 2,1 juta barel dalam pekan yang berakhir 24 Oktober.

"Sementara kenaikan persediaan itu lebih kecil dari yang diperkirakan, masih menyoroti situasi kelebihan pasokan di Amerika Serikat," kata Ang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP/ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com