Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal Pekan, IHSG Diperkirakan Lanjutkan Penguatan

Kompas.com - 03/11/2014, 08:23 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan bergerak variatif dengan potensi menguat di awal pekan ini, Senin (3/11/2014). Data terbaru perekonomian Indonesia yang akan dirilis pagi ini akan menjadi sentimen bagi pergerakan IHSG.

Dari eksternal, pasar saham Amerika Serikat (AS) di akhir pekan lalu melanjutkan kenaikan seiring rilis positif data ekonomi Paman Sam. Penguatan itu diapresiasi dengan kenaikan indeks Dow Jones Industrial Average sebesar 1,13 persen dan indeks S&P 500 sebesar 1,17 persen.    

Dari pasar Asia, pergerakan pasar saham dipengaruhi oleh keputusan bank sentral Jepang yang menambah stimulusnya. Koreksi pasar saham Asia ditunjukkan oleh indeks KOSPI Composite di Korea Selatan yang turun 0,39 persen pada perdagangan pagi ini. Sementara harga kontrak berjangka (futures) komoditas mengalami koreksi.   

Dari dalam negeri, pelaku pasar menanti rilis data inflasi Oktober 2014 dan neraca perdagangan September 2014 yang akan diumumkan Badan Pusat Statistik (BPS) siang nanti.

Di tempat terpisah, pemerintah akan meluncurkan kartu Indonesia sehat (KIS), yang pada tahun ini menyasar 432.000 jiwa masyarakat dengan kategori Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang tidak masuk kedalam penerima bantuan iuran BPJS Kesehatan. 

Analis Teknikal Mandiri Sekuritas menyatakan IHSG masih diperdagangkan di atas MA 200 harian. IHSG bergerak menguat dan ditutup pada level 5.089, atau naik 0,61 persen pada perdagangan akhir pekan lalu.  

"IHSG diperkirakan bergerak variatif dengan kecenderungan kembali menguat har ini. IHSG akan bergerak dalam kisaran level teratas terdekat di 5.148 dan level terendah terdekat di  5.020," tulisnya.

Saham yang direkomendasikan adalah KAEF, ICBP, TINS, AKRA dan ACST.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com