Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerja Sama Jalan Tol dan Kereta Api, Pemerintah Gandeng Tiongkok

Kompas.com - 04/11/2014, 09:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Jasa Marga (Persero) menandatangani nota kesepahaman (MoU) pembentukan tim kerja (working group) kerja sama dengan konsorsium China Investment Fund (CIF) untuk pengembangan jasa perkeretaapian dan jalan tol di Indonesia.

Penandatangan MoU itu dilaksanakan di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (3/11/2014) kemarin, dengan disaksikan oleh Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri BUMN Rini M Soemarno, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, dan Dubes Tiongkok untuk Indonesia Xie Feng.

Sofyan menyebutkan, kerja sama itu meliputi China Railway dengan KAI dan konsorsium CIF dengan Jasa Marga. "Detil kerangka kerja sama dua sektor tersebut diharapkan bisa diimplementasikan dan didiskusikan lebih lanjut dalam beberapa bulan ke depan," kata Sofyan.

Ia mengatakan, kesepakatan kerja sama ini menjadi langkah awal yang baik untuk masa kedua negara dalam pengembangan sektor publik.

Sementara itu, Dubes China untuk Indonesia Xie Feng berharap nota kesepahaman ini secepatnya menjadi pendorong utama kerja sama yang memberi keuntungan nyata bagi masyarakat.

Namun, detil rencana pembangunan proyek-proyek yang akan dilakukan belum diungkapkan termasuk nilai investasinya.

Ketika ditanya lebih lanjut soal pertemuan tersebut, baik Sofyan Djalil, Rini M Soemarno maupun Ignasius Jonan, tidak berkomentar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com