Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBM Naik, Blue Bird Siap-siap Naikkan Tarif Taksi

Kompas.com - 05/11/2014, 13:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Blue Bird Tbk (BIRD) mulai menghitung rencana kenaikan tarif taksinya. Ini merupakan respon atas adanya kepastian dari pemerintah untuk menaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

"Kenaikan tarif sangat dimungkinkan," tandas Direktur BIRD, Andre Djokosoetono, seusai kegiatan pencatatan perdana (listing) saham BIRD, Rabu (5/11/2014).

Dia belum bisa memberikan angka pasti atas kenaikan tarif baru yang akan dikenakan. Tapi, Andre memberikan gambaran, tahun lalu manajemen sempat menaikan tarif taksinya sebesar 22 persen. Kebijakan tersebut dibuat setelah harga BBM subsidi dinaikan oleh pemerintah, dari yang semula Rp 4.500 per liter dinaikan sekitar 40 persen menjadi Rp 6.500 per liter.

Jadi, jika mengesampingkan asumsi lainnya, BIRD akan menaikan tarif diatas 22 persen jika harga BBM subsidi kali ini dinaikan 46 persen atau sekitar Rp 3.000 per liter menjadi Rp 9.500 per liter. Sedangkan, kenaikan tarif tidak akan melebihi 22 persen jika harga BBM subsidi yang dinaikan sama levelnya seperti kenaikan tahun lalu, Rp 2.000 per saham.

Andre menambahkan, pengajuan kenaikan tarif tersebut saat akan diajukan dan dibahas melalui mekanisme Organisasi Angkutan Daerah (Organda). Jadi, sekarang manajemen BIRD tinggal menunggu kapan dan berapa harga BBM subsidi dinaikan.

Karena jika sudah ada kepastian harga, manajemen bisa menghitung kenaikan tarif secara lebih pasti. "Biasanya, tarif baru akan diberlakukan sekitar satu hingga dua bulan setelah harga BBM subsidi dinaikkan," kata Andre. (Dityasa H Forddanta)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com