Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Targetkan Produksi Kakao Indonesia Bisa Nomor Satu di Dunia

Kompas.com - 06/11/2014, 15:01 WIB
Sabrina Asril

Penulis


MAMUJU, KOMPAS.com- Presiden Joko Widodo melihat potensi Indonesia sebagai penghasil kakao sangat besar saat berkunjung ke Desa Saletto, Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (6/11/2014) siang. Jokowi bahkan menilai Indonesia bisa mengalahkan Ghana dan Pantai Gading.

"Ada ruang untuk berkembang lebih besar lagi agar Indonesia sekarang tidak pada nomor tiga tapi nomor 1. Dalam 3 tahun, kita bisa produksi kakao nomor 1 di dunia mengalahkan Pantai Gading dan Ghana. Targetnya itu," ujar Jokowi saat berdialog dengan petani kakao.

Jokowi mengungkapkan pemerintah pusat bertanggung jawab menggenjot produksi dari sektor kakao ini. Pasalnya, anggaran untuk peremajaan perkebunan kakao mencapai Rp 1,2 triliun.

"Kami targetkan dalam 3-4 tahun ini target bisa dikejar. Semua akan dilakukan secepat-cepatnya mulai tahun ini," ungkap dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyatakan, mulai tahun depan anggaran pertanian akan diarahkan ke kakao. Oleh karena itu, dia meminta agar para petani kakao bisa bekerja keras.

"Petani harus kerja keras, memelihara dan membeli pupuk itu tugas petani. Kami ingin mendorong agar industri cokelat di Sulawesi Barat ini bisa maju," imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com