Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penolakan Mulai Muncul, Kenaikan Harga BBM Tetap Bulan Ini

Kompas.com - 07/11/2014, 18:22 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah sudah sangat yakin akan menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada bulan ini meskipun berbagai aksi penolakan muncul diberbagai daerah. Bahkan, rencana kenaikan BBM sampai saat ini dinilai sudah sangat baik.

"Saya tidak menyebutkan tanggalnya. Tapi persiapannya cukup bagus, itu kan udah hitung-hitungan," ujar Menteri Koordinator Perekonomian Sofjan Djalil setelah menghadiri acara Kompas 100 CEO Forum di Jakarta, Jumat (7/11/2014).

Saat ditanya mengenai kapan waktu pengumuman kenaikan BBM, Sofjan tidak mau menjawab pasti. Dia malah meminta masyarakat untuk menunggu keputusan itu. "Tunggu aja, akan dilakukan bulan ini, tunggu timing aja kita," kata dia.

Sebelumnya, aksi menolak kenaikan harga BBM mulai mencuat dibeberapa daerah. Makassar misalnya, elemen mahasiswa sudah beberapa hari melakukan demo menolak kenaikan BBM. Tidak hanya mahasiswa, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo bahkan siap turun ke jalan apabila mantan Wali Kota Solo yang sekarang menjadi Presiden benar-benar menaikan BBM.

Penolakan tidak hanya datang dari luar Jakarta, Politisi PDIP Rieke Diah Pitaloka yang notabene partai pengusung pemerintahan Jokowi-JK juga menolak kenaikan harga BBM. Bahkan Rieke menyebut rencana itu dengan perumpamaan lagu lama kaset baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com