Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susi: Hasil Laut Bisa Gantikan Migas

Kompas.com - 08/11/2014, 18:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum genap sebulan menjadi Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti sudah melakukan sejumlah terobosan. Salah satunya moratorium izin kapal besar. Bahkan Susi optimis pendapatan sektor perikanan dan kelautan bisa menggantikan sektor Migas.

"Saya sekarang hanya untuk mengatasi kapal asing yang seenaknya menangkap ikan. Kalau kita integrasikan dan kontrol semuanya, saya yakin laut ini salah satu pengganti migas," ujar Susi di Jakarta, Jumat (7/11/2014).

Susi yakin dengan garis pantai Indonesia yang terpanjang kedua sedunia, jika dikelola dengan baik akan memberikan pendapatan negara.

Ia mencontohkan, pantai Pangandaran seluas 81 kilometer masih bisa ekspor senilai 20 juta dollar AS-30 juta juta dollar AS.

Menurut dia, jika penghasilan petani Pangandaran dikalikan dengan total seluruh panjang pantai Indonesia, bisa dibayangkan hasilnya. Sehingga ia mendukung pemberdayaan nelayan kecil dengan membebaskannya membayar retribusi untuk kapal di bawah 10 gross ton (GT).

"Target dapat tercapai dan nelayan Indonesia semakin sejahtera, karena kunci dari semuanya ada di nelayan," sambung pengusaha maskapai Susi Air itu. (Taufik Ismail)

baca juga: Dikejar-kejar Wartawan, Menteri Susi Lari Terbirit-birit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com