Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KRL Impor Asal Jepang Banyak yang Tak Lulus Uji Kelayakan Pertama

Kompas.com - 12/11/2014, 17:35 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan bahwa kereta api bekas yang di impor dari Jepang tidak semuanya lulus uji kelayakan pada tahap pertama.

Menurut Kemenhub, kereta api impor itu baru lulus setelah diperbaiki. "Tidak langsung kita tolak, tapi kita minta diperbaiki," ujar Direktur Sarana Perkeretaapian Kementerian Perhubungungan Dwi Budi S di kantornya, Jakarta, Rabu (12/11/2014).

Dia menuturkan, biasanya KRL impor dari Jepang terkendala pada uji getaran. Kemenhub sendiri sudah memiliki standar-standar terkait uji kelayakan kereta api. Pengujian itu terdiri dari uji pertama yaitu terkait sarana perkeretaapian baru dan sarana perkeretaapian yang telah mengalami perubahan spesifikasi.

Sementara uji kedua adalah uji berkala untuk sarana perkeretaapian yang telah dioperasikan. Uji kelayakan itu terdiri dari uji rancang bangun dan rekayasa, uji statis, uji dinamis, dan hasil uji. Apabila telah memenuhi standar uji kelayakan kereta api, maka Kemenhub akan memberikan sertifikat dan tanda lulus 14 hari setelah dinyatakan lulus.

Realisasi jumlah sertifikat yang sudah diberikan dalam kurun waktu Januari-Oktober 2014 sebanyak 2.160 sertifikat yang terdiri dari 228 lokomotif, 232 kereta dengan berpenggerak, 255 kereta non berpenggerak, 1.437 gebong, dan 7 peralatan khusus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com