Profesi yang Gue Banget - Kompas.com

Profesi yang Gue Banget

Kompas.com - 13/11/2014, 07:00 WIB
SHUTTERSTOCK Ilustrasi

Oleh: Dedy Dahlan


KOMPAS.com —
Kalau semua profesi itu mungkin, profesi apa yang mau Anda pilih?

Banyak orang yang memilih profesi atau pekerjaannya karena bermacam-macam kebetulan.
Kebetulan ditawarin sama saudara dan teman, kebetulan cocok sama jurusan kuliah, kebetulan yang mewawancara adalah wanita cantik nan seksi, dan kebetulan-kebetulan lainnya.

Jadi, selama bekerja di "kantor kebetulan"-nya itu, banyak orang yang mendadak jadi hobi memandang kalender dengan "khusyuk" dan merindukan datangnya hari Jumat, saat mereka akan bisa berkemas dari kantor dan melambai-lambai mengucapkan selamat tinggal kepada bos dan meja kerja. Hingga hari Senin berikutnya tiba, mereka harus kembali lagi dengan hati berat dan pasrah.

Memilih profesi memang sering kali menjadi hal yang acak dan dipenuhi kebetulan, yang sebagai akibatnya, membuat proses kerja jadi menyebalkan. Dipikir-pikir, betapa konyolnya hal ini sebenarnya!

Kalau Anda bukan genderuwo, artinya Anda sama seperti saya. Kita hanya mempunyai 24 jam sehari. Lebih dari 8 jam sehari kita pakai buat kerja di kantor, 1-4 jam kita pakai di perjalanan menuju atau pulang dari kantor, dan 6-8 jam di antaranya kita pakai buat tidur supaya besok bisa ke kantor!

Artinya, waktu dominan dalam hidup kita sebenarnya dipakai buat kantor. Kerja dan aktivitas rutin!

Jadi, kalau profesi, pekerjaan, dan aktivitas rutin kita menyebalkan, dan bahkan mengesalkan, itu artinya lima hari dalam seminggu adalah hari yang menyebalkan. Itu adalah 71 persen hari dalam seminggu lho. Ini artinya, dominan waktu hidup kita ternyata menyebalkan!

Oh no
! Apa Anda benar mau melewati hidup Anda yang cuma satu kali untuk hidup seperti itu?

Profesi yang asal pilih dan kita jalani karena aspek-aspek kebetulan sering kali bukan profesi yang "gue banget"! Profesi yang enggak gue banget, enggak akan membuat kita menikmati proses menjalankannya!

Jadi, kalau kita mau hidup dalam hidup yang lebih menyenangkan, penuh, dan gue banget, caranya sederhana. Pilih saja profesi yang Anda sendiri bisa sepenuh hati bilang, "Ini gue banget!"

Jadi, bagaimana menyadari atau menemukan sebuah profesi yang gue banget? Profesi yang gue banget dalam rumus saya haruslah merupakan perpotongan dan pertemuan antara tiga aspek, yang saya sebut "PIPO".

Aspek pertama adalah passion, yaitu apa yang Anda suka, apa yang ingin Anda lakukan, dan apa yang memberi makna untuk Anda.

Aspek kedua adalah identity, yaitu apa yang Anda jago (kuasai), apa yang cara kerjanya cocok untuk Anda, dan apa yang gaya kerjanya sesuai dengan life value atau nilai-nilai hidup Anda.

Aspek ketiga adalah payouts, yaitu apa yang Anda dibayar untuk melakukan itu, apa yang menghasilkan pendapatan, dan apa yang bisa membiayai kebutuhan hidup Anda.

Sebuah profesi ideal harus—dan ini tidak bisa ditawar-tawar seperti baju di pasar baru—merupakan gabungan dari ketiga aspek tersebut. Kalau kurang satu aspek pun, profesi itu bukanlah profesi ideal untuk Anda.

Profesi yang Anda jago (kuasai) dan dibayar tetapi Anda tidak suka adalah profesi yang menyebalkan dan membuat Anda jadi hobi "merindukan" hari Jumat.

Profesi yang Anda jago dan suka tetapi tidak dibayar, disebut hobi, dan bahkan tidak bisa dibilang sebagai profesi.

Profesi yang Anda suka dan dibayar tapi tidak jago bakal bikin Anda nyangkut di tempat, dengan prestasi dan nilai duit yang begitu-begitu saja.

Inilah struktur profesi gue banget yang harus Anda cari dan pilih untuk diri Anda!

Sekarang coba lihat profesi yang sedang Anda jalani saat ini. Apakah profesi dan pekerjaan Anda saat ini memenuhi syarat untuk jadi sebuah profesi yang gue banget? Apa Anda bisa menemukan diri Anda tertawa enjoy dan berkomentar, "Gileeee, ini gue banget!" dalam aktivitas Anda?
Kalau ya, selamat! Profesi Anda, Anda banget!

Namun, ternyata, kalau Anda masih berusaha mencari profesi yang gue banget, inilah yang harus Anda lakukan.

Coba gali lebih jauh pemahaman Anda tentang diri Anda sendiri. Apa sebenarnya passion Anda? Apa yang bermakna untuk Anda? Apa keahlian dan keunikan Anda? Bagaimana cara kerja yang ideal untuk Anda? Siapa yang mau membeli keahlian Anda? Profesi macam apa yang "Anda banget"?

Perluas wawasan Anda dan cobalah hal-hal baru!

Profesi ideal untuk Anda tidak akan datang begitu saja bila Anda tidak mencarinya dan tidak maju untuk mencobanya. Buka diri Anda terhadap berbagai kemungkinan baru karena profesi yang "Anda banget" ada di luar sana, menunggu Anda menemukannya! (Dedy Dahlan | Passion Coach)

I

Dedy Dahlan adalah penulis best seller dari buku "Lakukan Dengan Hati", "Ini Cara Gue", dan "Passion! – Ubah Hobi Jadi Duit", yang dikenal luas dengan gaya penulisan dan gaya panggungnya yang jenaka, nyeleneh, blak-blakan, kreatif, dengan materi praktikal. Biasa dipanggil Coach D, ia adalah anggota dan Coach tersertifikasi dari ICF (International Coach Federation), yang memusatkan diri pada pengembangan passion dan profesi.


Memperkenalkan metode PIPO Passion Coaching-nya sebagai pembicara di ICF’s Indonesia Coaching Summit 2013, Coach D adalah inisiator dari konsep "Fun Learning" dan "Passion Based Office", serta kerap menggunakan skill stand up comedy dalam training dan seminar-seminarnya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorErlangga Djumena
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM