Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Jusuf Kalla, Indonesia Untung kalau Masuk AIIB

Kompas.com - 17/11/2014, 19:03 WIB
Icha Rastika

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai, ada keuntungan yang diperoleh Indonesia jika masuk menjadi anggota Asian Infrastrukture Investment Bank (AIIB). Menurut JK, dengan menjadi salah satu pemegang saham di AIIB, Indonesia bisa memperoleh fasilitas yang menguntungkan.

“Fasilitasnya sama dengan bank, sama dengan World Bank, IDB, tapi ini khusus untuk Asia, dimotori oleh Tiongkok. Tiongkok kan cash-nya banyak, dananya banyak,” kata dia, di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Senin (17/11/2014).

Menurut JK, AIIB bisa membantu pembiayaan Indonesia dalam pembangunan infrastruktur. Saat ditanya apakah proyek yang dibiayai AIIB hanya yang sesuai dengan program jalur sutera abad 21 yang digagas Tiongkok, JK mengatakan, tidak ada persyaratan demikian.

“Enggak, infrastruktur, infrastruktur iya luas. Artinya boleh jalan, jembatan, dan pelabuhan,” ujar dia.

Dalam pembicaran bilateral dengan tuan rumah KTT APEC 2014, Presiden Republik Rakyat Tiongkong Xi Jinping di Beijing, pekan lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan peluang kerja sama dengan Tiongkok dalam membangun infastruktur di Indonesia. Selain itu, Jokowi menyampaikan rencana Indonesia untuk bergabung sebagai anggota Asian Infrastrukture Investment Bank (AIIB).

Sebelumnya, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) meminta Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk mempertimbangkan kemungkinan Indonesia bergabung dengan AIIB. Menurut Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto, pembiayaan dari lembaga internasional diperlukan dalam membangun infrastruktur Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com