Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Remitansi Telkom Rambah Jepang

Kompas.com - 19/11/2014, 15:03 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -  PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menggencarkan bisnis layanan remitansi ke luar negeri. Terakhir, BUMN ini meluncurkan layanan DELIMA di Jepang untuk memudahkan masyarakat Indonesia yang berada di negara tersebut melakukan pengiriman uang.

Layanan Delima di Jepang ini terselenggara atas kerjasama antara Finnet Indonesia selaku anak usaha Telkom dengan Kyodai Remittance Unidos, yang ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama oleh Direktur Utama Finnet Indonesia Otong Iip dan Managing Director Kyodai Remittance Unidos, Yuichiro Kimoto.

“Finnet Indonesia menyediakan layanan Delima berbasis Information & Communication Technology (ICT) sehingga dapat meningkatkan layanan transaksi pengiriman uang oleh Kyodai Remittance Unidos antara Jepang dan Indonesia,” ujar Otong Iip dalam keterangan resminya, Rabu (19/11/2014).

Perseroan menilai, pasar Jepang sangat menjanjikan mengingat masyarakat Indonesia yang menjadi pekerja dan bermukim di Negeri Sakura itu  berjumlah sekitar 40.000 orang dengan pendapatan besar karena sebagian besar bekerja di sektor industri.

Rata-rata nilai transaksi dari Jepang ke Indonesia sebesar Rp 5 juta - Rp 10 juta per transaksi. Angka ini jauh di atas rata-rata nilai transaksi remitansi dari Hongkong sebesar Rp 2 juta - Rp 2,5 juta per transaksi.

Secara terpisah Direktur Enterprise dan Business Service Muhammad Awaluddin menyampaikan bahwa Delima membawa konsep "business follows the people", yakni dengan menyasar negara-negara yang banyak didatangi masyarakat Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com