Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SSL Raih Pesanan Satelit dari PT PSN

Kompas.com - 20/11/2014, 19:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) menunjuk Space Systems/Loral (SSL) untuk membuat satelit komunikasi, PSN VI guna menyediakan layanan komunikasi di seluruh wilayah Asia Tenggara, termasuk High Throughput Satellite (HTS) payload untuk layanan internet pita lebar di Indonesia.

Dengan transponder C-band dan Ku-Band, PSN VI akan digunakan untuk melayani komunikasi suara dan data, distribusi video serta layanan internet pita lebar di seluruh wilayah kepulauan Indonesia.

"PSN telah terbukti berhasil dalam mengembangkan teknologi satelit guna memberikan solusi komunikasi yang inovatif dan mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah  yang tidak terjangkau," ujar Presiden SSL, John Celli.

"Kami sangat senang  telah mendapat kesempatan untuk membantu PSN lebih jauh bukan hanya dalam menyediakan satelit berikut peluncurannya tapi termasuk layanan untuk mendukung tercapainya tujuan bisnis PSN," lanjutnya.

PSN merupakan perusahaan telekomunikasi satelit swasta pertama di Indonesia dan penyedia jasa satelit yang menjangkau berbagai layanan telekomunikasi berbasis satelit di Asia.

Rencananya, satelit PSN VI akan diluncurkan pada awal tahun 2017 dan akan  ditempatkan pada slot orbit 146? Bujur Timur. Dengan berbasis platform SSL 1300, sateit ini diklaim mampu memberikan fleksibilitas untuk beragam aplikasi dan kemajuan teknologi di bidang telekomunikasi. Satelit ini dirancang untuk dapat memberikan layanan selama 15 tahun bahkan lebih.

"Kami senang dapat bekerjasama dengan SSL untuk pembuatan satelit terbaru kami, PSN VI. Kami percaya bahwa kolaborasi ini akan menjadikan PSN  dapat melayani pasar sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan sebelumnya," ujar Presiden Direktur Pasifik Satelit Nusantara, Adi Rahman Adiwoso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com