Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Kota Ini Akan Jadi Lokasi Musrenbang Regional

Kompas.com - 21/11/2014, 18:06 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan mengimbau penyelenggaraan Musrenbang Daerah tidak dilaksanakan di tiap Provinsi, melainkan di tiap regional.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Menteri PPN), Andrinof Chaniago, menyampaikan musrenbang terbagi menjadi lima kelompok wilayah. Ada lima kota yang akan ditempati sebagai lokasi kegiatan Musrenbang Regional.

"Regional Sumatera akan diselenggarakan di Belitung. Regional Kalimantan diselenggarakan di Tarakan. Sementara Sulawesi akan diselenggarakan di Palu," kata Andrinof, Jumat (21/11/2014).

"Regional NTT, Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara akan digelar di Ambon. Regional Jawa, Bali, dan NTB, diselenggarakan di Lombok," lanjut dia.

Menurut Andrinof, ada kriteria tertentu dalam penentuan lokasi Musrenbang Regional, yakni wilayah tersebut memiliki potensi namun kurang promosi. "Kami akan turun jemput bola, tidak kumpulkan Bappeda di Jakarta. Ini dalam rangka komitmen memajukan daerah," lanjut dia.

Dalam musrenbang tersebut, dia melanjutkan, Presiden Joko Widodo berencana akan hadir, meskipun tidak di semua lokasi. "Yang tidak dihadiri akan ada video conference. Ini menunjukkan keinginan kuat kita mendorong daerah yang belum maju. Itu rencana kita pra musrenbangnas, atau musrenbang regional," kata dia.

Andrinof menuturkan, saat ini Bappenas tengah merampungkan pembuatan RPJMN 2014-2019. Ditargetkan, awal Januari 2015, rancangan ini sudah selesai dan bisa dipaparkan dalam Sidang Kabinet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com