Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura "Kepincut" Ikut Garap Tol Laut Indonesia

Kompas.com - 24/11/2014, 14:15 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Singapura "kepincut" untuk ikut menggarap proyek tol laut. Hal itu disampaikan KADIN setelah bertemu dengan delegasi pengusaha Singapura yang dipimpin oleh Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Teo Ser Luck.

"Mereka tertarik investasi dibeberapa sektor yang prioritas Presiden Jokowi, misalnya (sektor) maritim karena Singapura punya kemampuan dalam sektor itu," ujar Ketua KADIN Suryo Bambang Sulisto di Jakarta, Senin (24/11/2014).

Lebih lanjut, kata dia, para pengusaha asal negeri singa itu akan datang langsung ke berbagai daerah di Indonesia untuk melihat prospek investasi.

Setelah berkeliling daerah, pengusaha Singapura juga akan kembali mengadakan pertemuan rutin dengan stakeholder ekonomi Indonesia termasuk dengan KADIN. Saat ditanya apakah KADIN akan ikut mendampingi pengusaha Indonesia, Suryo mengatakan pihaknya menyatakan kesiapannya.

Berdasarkan data BKPM, Singapura merupakan investor terbesar di Indonesia. Selama Januari sampai September 2014, Singapura merealisasikan investasi sebesar 4,89 miliar dollar AS untuk 1.063 proyek. Pada kuartal-III 2014 ini, negara Singa tersebut sudah merealisasikan 1,5 miliar dollar AS untuk 380 proyek. Sementara itu, Jepang menempati posisi kedua dengan investasi sebesar 2,04 miliar dollar AS AS untuk 716 proyek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com