Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waduk Jatigede Rampung, Petani Bisa Panen Dua Kali Setahun

Kompas.com - 24/11/2014, 19:24 WIB
Tabita Diela

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyelesaian Waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat akan menguntungkan petani dan mendukung ketahanan pangan nasional.

Menurut Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mudjiadi, Waduk Jatigede berpotensi membuat petani bisa membuat panen sebanyak dua kali dalam satu tahun.

Mudjiadi menjelaskan, Waduk Jatigede saat ini memang ditujukan untuk mengairi 90.000 hektar sawah. Namun, saat ini penyebaran airnya tidak merata. Intensitas panennya, tutur Mudjiadi, hanya cukup untuk satu kali panen dalam setahun. "Hanya memang, cropping intensitasnya baru satu koma sekian," tukas Mudjiadi di Jakarta, Senin (24/11/2014).

"Nanti kalau ada (Waduk) Jatigede, baru bisa setahun dua atau tiga kali. Airnya sekarang kalau di musim kering dari 90.000 hektar tidak bisa terairi semua karena airnya terbatas. Tapi dengan adanya Jatigede, itu bisa 90.000 hektar. Minimal setahun dua kali bisa panen, minimal itu. Kalau kita buat optimasi mungkin bisa lebih," imbuh Mudjiadi.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadilmuljono menyatakan bahwa konstruksi fisik Jatigede sdah mencapai 99,4 persen. Menurutnya, jika Perpres soal penanggulangan masalah sosial sudah ditandatangani maka Waduk Jatigede bisa rampung pada Desember, bulan depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com