Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan IKM "Micro Community", Kemenperin Belajar dari India

Kompas.com - 25/11/2014, 11:36 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan mencoba mengembangkan industri kecil menengah (IKM) berbasis komunitas kecil (micro community) di Indonesia. Demi mewujudkan hal itu, Kemenperin berencana belajar langsung dari India.

"Kami akan belajar dari India yaitu micro community dalam waktu dekat ini," ujar Direktur Jenderal IKM Kemenperin Euis Saedah di Kantor Kemenperin, Jakarta, Selasa (25/11/2014).

Lebih lanjut Euis menjelaskan, pengembangan IKM berbasis micro community merupakan salah satu cara mengembangkan IKM di Indonesia. Nantinya kata dia, Kemenperin akan membina komunitas-komunitas kecil yang terdiri dari 10 orang untuk dijadikan IKM diberbagai daerah di Indonesia.

Kemenperin sangat yakin dengan micro community itu maka IKM di berbagai daerah akan terus menjamur. Bahkan, Kemenperin juga optimis IKM nantinya akan terus tumbuh dan mampu menjadi tulang punggung ekonomi nasional.

Sampai tahun 2013, Kemenperin menyebutkan bahwa jumlah IKM diseluruh Indonesia berjumlah 3,4 juta IKM. Dari jumlah itu, 75 persennya berada di pulau Jawa dan Bali. Sementara itu, jumlah tenaga kerja yang mampu diserap IKM yaitu hampir 10 juta tenaga kerja dengan total ekspor tahun 2013 mencapai 18,6 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com