Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyeksi, IHSG Menjaga Asa Kenaikan

Kompas.com - 27/11/2014, 08:26 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan bergerak variatif pada perdagangan Kamis (27/11/2014) ini. Indeks menjaga harapan naik dengan sentimen eksternal.

Pasar saham Amerika Serikat (AS) kembali mencetak rekor pasca rilis data penjualan ritel yang membaik. Penguatan dialami oleh indeks Dow Jones Industrial Average sebesar 0,07 persen dan indeks S&P500 sebesar 0,28 persen.

Dari pasar Asia, pergerakan pasar saham dipengaruhi oleh hasil pertemuan OPEC yang sepakat tidak memangkas produksi minyak dunia. Koreksi pasar saham Asia ditunjukkan oleh indeks Nikkei 225 di Jepang  sebesar 0,40 persen. Sedangkan indeks KOSPI Composite di Korea Selatan menguat 0,25 persen. Sementara harga kontrak berjangka (futures) komoditas bergerak variatif.

Dari dalam negeri, Bank Indonesia (BI) mengungkapkan jika inflasi November 2014 hingga minggu ketiga bisa mencapai 1,3-1,4 persen. Inflasi inti masih terjaga walaupun akan terjadi kenaikan pada bulan berikutnya. Bank sentral memprediksi inflasi Desember 2014 akan melaju hingga di atas 2 persen, atau merupakan yang tertinggi tahun ini.

Analis Teknikal Mandiri Sekuritas mengungkapkan IHSG cenderung bergerak variatif sepanjang perdagangan hari ini. Indeks akan bergerak di kisaran support 5.069 dan resistance 5.196. IHSG sendiri masih diperdagangkan di atas MA 200 harian.

Adapun beberapa rekomendasi saham yang layak dikoleksi untuk hari ini adalah GGRM, SCMA, TAXI, CPIN dan EXCL.

Pada perdagangan kemarin, IHSG ditutup menguat ke level 5.133.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com