Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Penilai Akhir Pegang Tiga Nama Calon Bos Pertamina

Kompas.com - 27/11/2014, 14:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Proses seleksi calon dirut PT Pertamina (persero) mendekati babak akhir dengan menyisakan tiga nama yang akan bersaing menjadi orang nomor satu di perusahaan migas milik negara tersebut.

"(Sisa) tiga nama. Sekarang sudah masuk dalam proses penentuan di TPA (tim penilai akhir)," kata Menteri BUMN Rini M Soemarno di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (27/11/2014).

Rini menjelaskan, sebelum ke TPA, proses penilaiansudah dilakukan melalui beberapa konsultan, seperti PT Daya Dimensi Indonesia (DDI), dan termasuk PPM Manajemen.

Sesuai PP Nomor 45 Tahun 2005 mengenai mekanisme seleksi dirut BUMN, ada 10 tahapan uji kepatutan dan kelayakan. Adapun struktur TPA adalah Presiden, Wakil Presiden (Wapres), Sekretaris Kabinet (Seskab) dengan anggota Menteri Keuangan, Menteri BUMN, dan menteri teknis.

Rini tidak bersedia menyebut tiga nama calon yang dimaksud, termasuk menyebutkan apakah mereka dari kalangan internal atau eksternal perusahaan.

Ia hanya menjelaskan, sosok bos Pertamina haruslah seseorang yang mampu membawa perseroan bersaing di tingkat global dan mempunyai kemampuan tinggi dalam manajerial.

"Kemampuan teknis bisa didapat, tetapi kemampuan memimpin dan memiliki integritas, itu sangat penting," ujarnya.

Rini menambahkan, yang juga sangat penting adalah kemampuan melakukan perubahan di Pertamina.

"Memiliki integritas tinggi, bersih diri dan lingkungan (tidak korupsi), itu yang diutamakan. Nasionalis, tentu pasti," ujarnya.

Sebelumnya, informasi yang beredar menunjukkan tujuh nama calon dari kalangan eksternal perusahaan, yakni Budi Gunadi Sadikin (Dirut Bank Mandiri), Sunarso (direksi Bank Mandiri), Zulkifli Zaini (mantan Dirut Bank Mandiri), Fahmi Muchtar (mantan Dirut PLN), Dwi Sutjipto (Dirut Semen Indonesia), Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya, dan Rinaldi Firmansyah (mantan Dirut Telkom).

Sesuai dengan ketentuan, tenggat waktu penetapan dirut Pertamina jatuh pada 30 November 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com